KODAM Iskandar Muda perhubungan bekerjasama BPCB Aceh, MAPESA, SATPOL PP Kota Banda Aceh dan Warga meriahkan gotong royong di lokasi bersejarah

KODAM Iskandar Muda perhubungan bekerjasama BPCB Aceh, MAPESA, SATPOL PP Kota Banda Aceh dan Warga meriahkan gotong royong di lokasi bersejarah

  Suasana Gotong Royong di Jeurat Potu Ulama di Gampong Lamcot, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar  (Foto: Sarino BPCB Aceh, 2021)

 

Aceh Besar (10/12/2021).  Komando Daerah Militer (KODAM) Iskandar Muda Perhubungan bekerjasama dengan BPCB Aceh, MAPESA, SATPOL PP Kota Banda Aceh dan unsur masyarakat setempat melakukan kerja bersama membersihkan objek bersejarah di Jeurat Potu Utama, Gampong Lamcot, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar.

(Lihat: https://www.nasionalmerdeka.com/mensukseskan-jumat-bersih-dan-peduli-situs-cagar-budaya-kepala-bpcb-provinsi-aceh-mengutus-staf).

Kegiatan mulia yang mengusung rasa cinta pada sejarah dan budaya ini diorganisir dengan sangat baik oleh J. Hisatur Mastra dari Kodam Iskandar Muda. Kegiatan gotong royong dengan nama “Jumat Bersih dan Peduli Situs Sejarah” menyadarkan kita semua tentang perlunya kepedulian dalam melestarikan cagar budaya khususnya di Aceh dan umumnya seluruh Indonesia.

Sarino dan Heriyanto yang menjadi utusan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Aceh mengikuti kegiatan Jumat Bersih mengatakan “kegiatan seperti ini akan selalu dinantikan karena kepedulian atas cagar budaya harus tumbuh dari semua kalangan.”

“Kita bersyukur ada sosok, seperti, J. Hisatur Mastra bersama jajaran Kodam Iskandar Muda perhubungan dan mitra lain, seperti: unsur Mapesa, unsur Satpol PP Kota Banda Aceh, Unsur Polsek dan unsur masyarakat mau bersatu menyelamatkan objek bersejarah. Kedepan, kita yakin, gaung kegiatan ini akan menggema semakin jauh menjangkau semua kalangan.”

Pada kegiatan tersebut, segenap unsur yang ada, bergotong royong melakukan kerja bersama membersihkan lingkungan lokasi, menegakan kembali batu nisan bersejarah pada posisinya dan menata tanaman yang ada disekitarnya agar tidak rimbun sehingga merusak konteks kesejarahan kompleks makam ini. (Ambo)

Kondisi Makam Kuno Jeurat Potu yang kini tertata baik dan lingkungan yang bersih