Kadin Banda Aceh mendukung penuh Pemerintah Aceh dalam mengendalikan inflasi

Kadin Banda Aceh mendukung penuh Pemerintah Aceh dalam mengendalikan inflasi

Banda Aceh -Nasionalmerdeka.com-Inflasi dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti turunnya nilai mata uang, kenaikan harga barang dan jasa, meningkatnya pengangguran, menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat, berkurangnya investasi, dan masih banyak lagi. Tingkat inflasi nasional dan daerah yang terus meningkat saat ini akan memiliki dampak yang luas dan diperparah lagi dengan meningkatnya harga BBM.

Salah satu cara pengendalian inflasi adalah dengan menekan laju inflasi dalam rangka menjaga stabilitas harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting di pasar.
Ketua kadin banda aceh Muhammad iqbal st menjelaskan, dilansir dari media harian-RI.com, selasa 27 septeber 2022.
Kegiatan ini sesuai dengan arahan Pak Presiden Joko Widodo yaitu memperkuat sinergi di pemerintah pusat dan daerah dalam menjaga stabilitas harga, meningkatkan ketahanan pangan, sehingga daya beli masyarakat meningkat.

Pengendalian inflasi pangan menjadi penting karena memiliki bobot yang cukup besar dari komposisi pengeluaran masyarakat, sehingga pengendalian inflasi ini akan memberikan dampak sosial yang besar untuk kesejahteraan masyarakat. Upaya sinergi antar daerah juga diperlukan untuk mencukupi kelangkaan pangan serta meningkatkan kapasitas produksi sebagai langkah antisipasi gejolak ketahanan pangan.

Selain itu, Pemerintah Aceh, selaku pembuat kebijakan juga harus mencermati bagaimana dampak rambatan kenaikan BBM dan efektivitas subsidi penyangga sosial, guna menjaga daya beli masyarakat.

Pemulihan dan pertumbuhan ekonomi nasional diikuti dengan menguatnya ekonomi daerah harus menjadi fokus perhatian kita semua. Perlunya penekanan untuk melibatkan masyarakat dalam menggelorakan semangat kegotong-royongan untuk mengendalikan inflasi, sinergi dan kolaborasi berbagai pihak akan menjadi modal utama dalam mengatasi permasalahan ini jelas ketua kadin banda aceh muhammad iqbal st.

muhammad iqbal st juga mengatakan,
Insya Allah, kami yakin, partisipasi aktif seluruh stakeholder dapat memberikan hasil yang nyata.

Menindaklanjuti arahan Presiden di atas, beberapa langkah pengendalian inflasi yang dapat ditempuh oleh pemerintah Aceh yaitu dengan

– Memperluas kerja sama antar daerah, khususnya dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan efisiensi rantai pasok barang-barang kebutuhan pokok ;
– Melaksanakan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga dan memastikan tetap terjangkau oleh masyarakat
– Pemberian subsidi baik berupa insentif ataupun bantuan langsung tunai kepada kelompok tani atau penghasil komoditi unggulan, seperti petani beras lokal, cabai, bawang merah, telur ayam ras, dan daging ayam ras
– Pemberian insentif seperti subsidi bunga KUR, insentif pajak, hingga mempermudah akses terhadap pinjaman lunak kepada UMKM

Itulah mungkin beberapa hal yang dapat kita tempuh untuk menghadapi inflasi. Meskipun inflasi tidak dapat dihentikan, tetapi kenaikannya dapat diperlambat dan dikurangi, ucap ketua kadin banda aceh muhammad iqbal st.(Nsm-01dms)