Tradisi Pisah Sambut Gubernur Akademi Angkatan Laut

Tradisi Pisah Sambut Gubernur Akademi Angkatan Laut

Nasionalmerdeka.com.

[Surabaya] – Akademi Angkatan Laut (AAL) menggelar Tradisi Pisah Sambut Gubernur AAL, pasca Serah Terima Jabatan Gubernur AAL di Mabesal Jakarta (10/2) lalu, dari Laksda TNI Denih Hendrata kepada Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, yang dilaksanakan di Gedung Maspardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Sabtu (11/2).

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Emil Dardak, Pangkotama Wilayah Surabaya, Kadisdikal, Danpuspenerbal, Wakil Gubernur AAL, Laksamana Pertama TNI Dato Rusman SN, Seklem AAL Laksma TNI Ni Ketut Prabhawati, Pejabat Utama AAL, Ketua CBS Jalasenastri AAL yang juga sebagai Ibu Asuh Taruna AAL, Ny. Nana Endi Supardi, Wakil Ketua CBS Jalasenastri AAL Ny. Fara Dato Rusman SN beserta jajaran pengurus Jalasenastri AAL.

Adapun rangkaian acara pisah sambut kali ini diawali dengan Pengukuhan Ibu Asuh Taruna AAL dari Ny. Kiki Denih Hendrata kepada Ny. Nana Endi Supardi di Gedung Mako R. Soebijakto.

Dilanjutkan dengan acara puncak pisah sambut Gubernur AAL di Gedung Maspardi, Laksda TNI Denih Hendrata didampingi Ny. Kiki Denih Hendrata memberikan kesan pesan selama menjabat Gubernur AAL sejak 2 Februari  2022 hingga 9 Februari 2023.

Menurut Laksda Denih – sapaan akrab Asops Kasal ini- kenangan di AAL tidak akan terlupakan, AAL merupakan almamater tercinta, banyak kenangan manis di sini. Dan Ia merasa bangga dan terhormat dapat mengabdi kembali di AAL dalam masa dinasnya.

Laksda Denih juga berpesan kepada para Taruna AAL, agar mengisi diri dengan ilmu dan kemampuan sebanyak-banyaknya di AAL, bersikap, bertindak dan berperilakulah yang baik, gunakan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya.

“Kalian adalah harapan dan kebanggaan keluarga, jangan sampai karena kecerobohan dan ketidak sabaran kalian menjalani pendidikan, membuat kalian dikeluarkan dari almamater ini, jadilah perwira yang tangguh dan berakhlak mulia untuk TNI, bangsa dan negara,” pesannya.

Usai Laksda Denih memberikan kesan pesannya, Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi juga berkesempatan mengenalkan  diri.

Brigjen TNI (Mar) Endi –sapaan akrab mantan Wadan Kormar ini, berterima kasih kepada Laksda Denih dan menegaskan akan melanjutkan amanah kepemimpinan di AAL dengan pondasi yang telah dijalankan pemimpin AAL sebelumnya.

Dalam kesempatan ini Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang mewakili Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengatakan Gubernur Jatim mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang luar biasa, AAL sebagai mitra yang penting bagi Jawa Timur karena Surabaya merupakan kotanya TNI AL. Disamping itu Wagub Jatim juga mengatakan tentang konsep merdeka belajar yang mana beliau berharap sekian Sistim Kredit Semester (SKS) Universitas yang ada di Surabaya ada kurikulum yang dari AAL, jadi siapapun yang pernah belajar di AAL akan merasakan korsanya AAL karena Indonesia adalah sejatinya Negara Maritim, pintanya.

Kemudian pada ahkir tradisi pisah sambut Gubernur AAL mengucapkan Taklimat awal dilapangan Banda dan disaksikan oleh seluruh jajaran AAL mulai dari Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS AAL serta para Taruna AAL kemudian dilanjutkan dengan pemotongan  tumpeng.

Adapun Taklimat awal Gubernur AAL kepada seluruh pengawak organisasi AAL, untuk mewujudkan misi AAL yaitu terwujudnya AAL yang mampu menghasilkan Perwira AAL yang tanggap, tanggon dan trengginas, sama sama membangun AAL untuk menjadi lebih baik lagi. Kepada para Taruna agar selalu belajar, belajar, belajar dan berlatih, pungkasnya.

[ NSM/EDS]

Sumber : Pen AAL