Babinsa Koramil 02/Samalanga Bersama Santri Gotong Royong Bersihkan Pekarangan Dayah

Babinsa Koramil 02/Samalanga Bersama Santri Gotong Royong Bersihkan Pekarangan Dayah

Bireuen|Nasionalmerdeka.com – Koptu Romadon Babinsa Koramil 02/Samalanga Kodim 0111/Bireuen melaksanakan gotong-royong bersama Santri Dayah Mudi membersihkan perkarangan di seputaran komplek Dayah Mudi agar selalu terjaga kebersihan nya Di Desa Mideun Jok, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Senin (03/10/2022).

 

Menurut Koptu Romadon, kegiatan komsos yang dilanjutkan dengan gotong royong bersama merupakan tugas pokok Babinsa untuk mendekatkan diri dengan para santri dan pimpinan dayah sehingga terjalin silaturahmi dan hubungan kekeluargaan yang baik.

 

“Dengan komsos ini, Babinsa dapat berinteraksi langsung untuk memberikan motivasi dan arahan kepada santri untuk lebih giat dan semangat dalam menuntut ilmu, karena dengan pengetahuan yang mumpuni dapat membentuk karakter manusia yang berakhlakul karimah sebagai generasi penerus bangsa,” ujar Koptu Romadon.

 

Babinsa juga mengajak para santri untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, menjaga pola hidup sehat dengan makan yang teratur, berolahraga, dan beristirahat yang cukup.

 

Lebih lanjut Babinsa menyampaikan kepada para santri untuk tidak membuang sampah sembarangan guna menjaga keasrian lingkungan sehingga para santri dan masyarakat sekeliling dapat hidup bersih dan sehat.

 

Salah seorang Tengku dari Dayah Mudi mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah bersedia hadir di tengah-tengah para santri untuk memberikan arahan dan motivasi sehingga para santri dapat lebih semangat untuk belajar.

 

Ditambahkan Babinsa sebagai aparat kewilayahan Babinsa harus mampu menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik dengan warga binaan sehingga tercipta kedekatan tanpa jarak dalam pelaksanaan tugas.

 

“Dengan demikian Babinsa bisa melihat langsung kondisi wilayah binaan yang meliputi data demografi, geografi dan kondisi sosial masyarakat di wilayah sehingga dapat mencari solusi untuk mengatasi setiap masalah dan kesulitan yang dialami masyarakat,” ungkapnya.

 

Kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI untuk membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dengan melakukan silaturrahmi, monitoring, pendampingan, pengamanan, dan komunikasi sosial.

 

“Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah,” tutup Babinsa.

 

[HENDRI]