Kemenag Bireuen Gelar Bimbingan Perkawinan Pranikah di Kampus Paya Lipah

Kemenag Bireuen Gelar Bimbingan Perkawinan Pranikah di Kampus Paya Lipah

BIREUEN |Nasional merdeka.com- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen bekerja sama dengan Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh menggelar bimbingan perkawinan pranikah bagi remaja yang berlangsung di Gedung Auditorium Tgk Chik Abdurrahman Kampus Paya Lipah, Kamis, 3 November 2022.

Kankemenag Bireuen Dr Muhammad Amin MA yang diwakili oleh Kasubbag TU, Iskandar SHI dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bimbingan tersebut merupakan bagian dari kerja sama dengan pihak Kampus Paya Lipah.

“Ini merupakan kegiatan gelombang ketiga yang kita gelar di IAI Almuslim Aceh, peran akademisi serta mahasiswa atau pelajar dalam bimbingan pranikah ini sangat penting sebagai edukasi bagi generasi muda,” ujar Iskandar.

Rektor IAI Almuslim Aceh Dr Nazaruddin, MA dalam salah satu sesi materi menyebutkan, pelajar baik laki-laki dan perempuan kedepan akan menghadapi yang namanya berumah tangga.

“Pentinganya ilmu pernikahan itu bukan disaat akan melangsungkan pernikahan. Sejak dini diusia yang masih remaja literasi tentang pernikahan itu sudah mulai didapatkan. Karena berumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah itu harus dengan sikap yang tangguh dari diri pribadi dan juga pengaruh lingkungan sekitar,” ungkap Nazar.

Dalam kesempatan tersebut, Nazaruddin juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemenag Kabupaten Bireuen yang telah ikut menggadeng IAI Almuslim Aceh untuk turut terlibat dalam kegiatan yang telah berlangsung hingga gelombang ketiga di Kampus Paya Lipah.

Pada kegiatan ini juga turut diisi oleh ustaz Hendri Julian, MEd dengan materi “Seksualitas dalam Perspektif Al-Quran” dan materi “Mengenali Pasangan Hidup“ yang disampaikan dosen IAI Almuslim Aceh Sayuti, MPd.

 

[HENDRI]