Ketua IBI Aceh, Hj.Elfira Wahyuni Menghadiri Raker Cabang Dan Milad IBI Ke 71 Tahun

Ketua IBI Aceh, Hj.Elfira Wahyuni Menghadiri Raker Cabang Dan Milad IBI Ke 71 Tahun

BIREUEN|Nasionalmerdeka.com –Pengurus Cabang (PC) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Bireuen menggelar rapat kerja cabang dan peringati Hari Ulang Tahun ke 71 IBI tahun 2022, Di Aula Hotel Fajar Bireuen, Rabu (2/11/2022).

kegiatan dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Bireuen diwakili oleh Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Sumber Daya Manusia dan Kerjasama, dr. Mukhtar, MARS.

Prosesi pembukaan ditandai dengan menabuh rapa’i, dipandu oleh Staf ahli Bupati Bireuen Mukhtar bersama Kadinkes Bireuen Irwan, Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen Amir Addani, Ketua IBI Aceh Hj Elfira Wahyuni dan Ketua IBI Bireuen Muaddah.

Dr. Mukhtar, MARS dalam sambutan tertulis Pj Bireuen Aulia Sofyan. Ph.D.

Dalam sambutan tersebut diharapkan IBI terus berkiprah dalam upaya pemulihan setelah covid-19 berkepanjangan, serta dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ibu dan anak.

Dikatakan, Bidan memiliki peran penting dalam menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu) dan AKB (Angka Kematian Bayi), serta pelayanan Keluarga Berencana.

Disebutkan, Bidan tidak hanya sebatas memberikan pelayanan kebidanan, namun juga mengelola pelayanan, menjadi penyuluh dan konselor, pendidik, pembimbing dan fasilitator klinik, penggerak serta dalam pemberdayaan masyarakat.

Selain itu bidan memiliki peranan penting dalam penanganan stunting.

“Bidan sebagai ujung tombak dalam memajukan dan meningkatkan derajat kesehatan ibu hamil, bayi, balita terutama dalam mendukung peran ibu dalam mengupayakan pemenuhan gizi selama kehamilan, dan memprioritaskan ASI pada anaknya,” Ungkapnya.

Dia bangga dan mengapresiasi bidan-bidan Kabupaten Bireuen dalam pencapaian dan atas prestasi yang diraihnya dimana terpilih menjadi bidan teladan tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

“Selamat ulang tahun ke-71 untuk Ikatan Bidan Indonesia, semoga IBI Kabupaten Bireuen terus berkiprah dalam mempersembahkan karya nyata yang berkualitas dan bermanfaat untuk semua serta matang dalam berorganisasi,” Ucapnya.

Ketua IBI Provinsi Aceh, Hj Elfira Wahyuni mengatakan, sesuai dengan tema perjalanan panjang profesi bidan mewujudkan generasi unggul menuju Indonesia maju, diharapkan para bidan bekerjalah dengan cerdas, ikhlas guna mewujudkan tema tersebut.

Sebelumnya, Ketua IBI Bireuen Muaddah, S.SIT., S.Pd melaporkan, kegiatan ini diikuti 102 peserta.

“Peserta tersebut terdiri dari wakil pengurus daerah IBI, anggota pengurus cabang dan utusan institusi pendidikan,” ujarnya.

Dijelaskan, rangkaian peringatan ke 71 Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ) tahun 2022 ini, PC IBI Bireuen telah melakukan berbagai kegiatan, diantaranya pelayanan keluarga berencana, pekan imunisasi dan kegiatan sosial donor darah.

Kegiatan itu dirangkai dengan, parade vandel, penyerahan plakat, penyerahan cinderamata kepada para sesepuh IBI Bireuen dan aneka tarian tradisional dan dilanjutkan degan sidang ilmiah.

Pantauan Wartawan, di lokasi kegiatan berjalan meriah di selingi makan bersama serta sesi photo bersama.

[HENDRI]