Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs.M.Nasir M.Pd Membuka Lomba Bercerita Tingkat SD Se-Kabupaten Bireuen.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs.M.Nasir M.Pd Membuka Lomba Bercerita Tingkat SD Se-Kabupaten Bireuen.

BIREUEN – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bireuen, Drs.M.Nasir.M.Pd mengungkapkan, kegiatan Lomba Bercerita tingakt SD/MI Se-Kabupaten Bireuen diikuti oleh 23 sekolah,di aula lama Setdakab Bireuen, Selasa (31/10/2023).

Drs.M.Nasir mengatakan lomba bercerita sangat penting untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam bercerita raja Jeumpa dan kuala raja. “Lewat lomba juga akan mendorong dan menumbuhkan minat baca bagi anak-anak kita sejak usia dini,” katanya.

kegiatan lomba bercerita di setiap tahun tersebut atas dukungan Sekolah yang ikut membina peserta didik sehingga dapat ikut serta memeriahkan lomba tersebut.

“Tampil diatas panggung menunjukkan anak-anak kita punya mental dan keberanian, apalagi dapat menunjukkan ekspresi dalam bercerita,” ujarnya.

Lomba bercerita diikuti oleh utusan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dari 23 Sekolah dalam wilayah Kabupaten Bireuen. “Peserta merupakan perwakilan SD/MIN dari sekolah dalam wilayah Kabupaten Bireuen,” sebutnya.

Drs M Nasir MPd saat membuka kegiatan antara lain mengatakan, banyak budaya lokal yang bisa dikembangkan sebagai cerita antara lain asal usul nama desa dan lainnya perlu digali sehingga menjadi bahan penting dalam catatan masyarakat.

Selain asal usul nama desa juga nama kawasan tertentu juga perlu dikembangkan, dipelajari dan menjadi tulisan menarik nantinya.

Adapun tujuan lomba bercerita katanya antara lain menumbuh kembangkan kegemaran membaca bagi anak-anak sejak usia dini melalui berbagai media bacaan.

Ia juga mengatakan lomba bercerita tahun 2023 akan memperebutkan juara 1,2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3.

“Para juara nantinya akan diberikan uang tunai plus tropi,” sebut Drs.M.Nasir.

Dalam lomba bercerita panitia menyediakan hadiah juara pertama piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp 1,5 juta, juara dua mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp 1,2 juta dan juara tiga memperoleh Rp 1 juta.

Kemudian juara harapan satu memperoleh piagam dan uang pembinaan Rp 700 ribu, harapan dua Rp 600 ribu dan harapan tiga Rp 500 ribu.

Peserta lomba bercerita didampingi oleh guru pendamping, sebagian juga diantar langsung oleh orang tua atau wali. Turut hadir menyaksikan aksi siswa bercerita antara lain Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, Kepala Dinas Pendidikan Dayah dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen.

Pantauan Wartawan, Kegiatan Lomba Bercerita Tingkat SD/MIN Se-kabupaten Bireuen Yang Diikuti 23 Peserta Berjalan Lancar Dan Sukses.

HENDRI